Monday 13 June 2016

Cikal Bakal Dinamakan Malam “Lailatul Qadr” Dan Kelebihannya

tanda tanda malam lailatul qadar, sholat lailatul qadar, kisah sang pencari lailatul qadar, keutamaan lailatul qadar, pengalaman lailatul qadar, pengertian lailatul qadar, malam lailatul qadar, nuzulul qur'an dan lailatul qadar, fardlu, kelebihan.
Sumber: Google Gambar

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

BLOG BANG JAL™ || Alhamdulillah kita sudah berada dalam bulan yang mulia ini dengan berkat dan rahmat Allah swt. Bulan ini merupakan yang paling baik daripada bulan yang lain, yakni bulan Ramadhan. Kita semua pasti sudah tahu kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan didalam bulan puasa, yang paling utama tentu melakukan puasa fardhu ‘ain pada bulan ramadhan dan melakukan shalat sunat tarawih pada malam harinya, ini yang menjadi kelebihan utama pada bulan yang mulia ini. Untuk mengetahui lebih luas tentang kelebihan bulan ramadhan silahkan baca "Rahasia dan Kelebihan Bulan Ramadhan"

Ada satu lagi kelebihan yang tidak kita peroleh pada bulan yang lain, yakni malam Lailatul Qadar, yang dikenal sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan yakni dalam konteks ibadah. Kelebihan daripada malam yang mulia ini tertulis jelas dalam al-Qur’an surat Al-Qadr. Lailatul Qadr menjadi malam yang besar bagi kita setelah malam lahirnya Nabi Muhammad saw.

Berikut adalah malam yang sangat afdhal bagi ummat nabi Muhammad saw:

  • Malam 12 Rabiul Awal (malam kelahiran Nabi)
  • Malam lailatul Qadr
  • Malam Isra’ Mi’raj
  • Malam ‘Arafah (wukuf di padang ‘Arafah)
  • Malam Jum’at, dan
  • Malam Nisfu Sya’ban
Adapun malam yang sangat afdhal bagi nabi Muhammad saw. adalah malam Isra’ Mi’rajnya karena pada malam tersebut Rasulullah berjumpa langsung dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Alasan malam lailatul qadr bagi ummat Nabi Muhammad karena ibadah (berbuat amalan) pada satu malam itu terlebih baik daripada beribadah pada 1000 bulan (kurang lebih 83 tahun) yang tiada malam lailatul qadar.
tanda tanda malam lailatul qadar, sholat lailatul qadar, kisah sang pencari lailatul qadar, keutamaan lailatul qadar, pengalaman lailatul qadar, pengertian lailatul qadar, malam lailatul qadar, nuzulul qur'an dan lailatul qadar, fardlu, kelebihan.
Sumber: Google Gambar

Sebab Dinamakan Malam “Lailatul Qadr”

Dinamakan “Lailatul Qadr” karena pada malam tersebut lebih qadar, kemuliaan dan pahala bagi orang yang melakukan kebajikan pada malam tersebut. Pada malam yang mulia ini juga Al-Qur’an diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘izzati (العزة بيت) yaitu pada langit dunia, dari sanalah Malaikat Jibril mengambil Wahyu Allah dan menurunkannya kepada Baginda Nabi Muhammad sesuai perintah Allah dan juga sesuai dengan keadaan pada masa nabi dalam kurun waktu 20 tahun 2 bulan 22 hari.

Nah, itulah sedikit dari beberapa hal yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar yang ada pada malam 10 terakhir bulan ramadhan, semua ini saya ambil dari kitab Sirus Salikin Jil. 2 Hal. 18 bagian luar. Disana juga terdapat tanda-tanda malam lailatur qadar dan lain sebagainya. Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat.

Tag, tanda tanda malam lailatul qadar, sholat lailatul qadar, kisah sang pencari lailatul qadar, keutamaan lailatul qadar, pengalaman lailatul qadar, pengertian lailatul qadar, malam lailatul qadar, nuzulul qur'an dan lailatul qadar, fardlu, kelebihan.

Baca Juga !!!

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!